Peluang Usaha

Mengintip Peluang Usaha Peralatan Rumah Tangga

Hampir setiap orang memiliki tempat tinggal, setiap tempat tinggal memiliki furniture dan barang-barang yang di gunakan untuk menunjang segala kebutuhan mereka, hal ini lah yang menjadikan peluang usaha peralatan rumah tangga cukup potensial untuk di jajaki. Bahkan tidak jarang orang yang melakukan impor barang dari china dengan menggunakan ekspedisi khusus seperti jasa import china demi mendapatkan barang yang mereka inginkan.  Banyak sekali peralatan rumah tangga yang dapat di jual seperti ember, piring, lap, sapu, kemoceng, tempat sampah dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan terus bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia secara tidak langsung potensi bisnis peralatan rumah tangga juga terus mengalami peningkatan.

Peluang Usaha
Peluang Usaha

Contoh sederhananya, banyak sekali pedagang pinggiran yang menjual berbagai macam peralatan rumah tangga seperti yang di sebutkan di atas dan mereka cenderung dapat bertahan cukup lama hingga turun temurun yang di lanjutkan oleh keluarga setelahnya. Hal tersebut adalah contoh nyata bahwa perabotan rumah tangga memiliki demand yang cukup tinggi di kalangan masyarakat Indonesia. Walaupun peluang usaha ini dapat di katakan cukup menjanjikan akan tetapi tidak semudah itu mencapai keberhasilan di bidang ini. Bersamaan dengan potensi yang di miliki, kompetitor yang harus anda hadapi apabila anda menerjuni bidang ini terbilang cukup banyak. Pedagang pinggiran, super market, swalayan, bahkan Indomaret dan Alfamart juga menyediakan beberapa keperluan rumah tangga.

Maka dari itu sebelum anda terjun di bidang ini ada baiknya anda menganalisa beberapa potensi, resiko, juga kompetitor yang akan anda hadapi sehingga anda dapat menciptakan atau menemukan peluang yang bisa menjadi nilai tambah anda dalam menjual barang perabotan rumah tangga. Sebagai contoh, pedagang perabotan di pinggir jalan biasanya menyediakan peralatan rumah tangga secara umum seperti: sapu, rak sepatu, alat masak dan lain sebagainya sehingga barang yang di jual di toko tersebut terkesan kotor dan sedikit berantakan. Sedangkan yang dijual mini market seperti indomart dan alfamart mereka memiliki kualitas yang lebih baik akan tetapi tidak terlalu lengkap. Biasanya, mereka hanya menjual seperti sapu, alat pel dan sedikit peralatan dapur seperti sendok, piring dan garpu.

Setelah anda mengetahui sedikit tentang kompetitor anda, barulah anda dapat menciptakan atau mengambil peluang yang tidak di dapatkan oleh beberapa toko tersebut. Maka dari itu lebih baik anda tentukan barang apa yang akan anda jual seperti barang pecah belah, alat kebersihan, atau peralatan dapur. Setelah anda menentukan barang apa saja yang akan anda jual, barulah tugas anda untuk mencari supplier dengan kategori barang yang anda inginkan. Atau bisa juga dengan cara perhatikan kebutuhan masyarakat sekitar anda, kira-kira barang seperti apakah yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar anda?

Setelah anda yakin akan kategori barang yang akan anda jual, barulah anda dapat memulai melakukan penjualan dengan budget yang sudah anda siapkan. Anda juga dapat membuat logo atau brand anda sendiri agar orang-orang dapat mengingat brand anda yang kemudian akan melakukan repeat order. Apabila anda berencana untuk melakukan pemasaran secara digital akan tetapi anda tidak memiliki basic akan hal tersebut, anda dapat berkonsultasi dengan digital agency Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *