7 Manfaat Sedekah Makanan Dalam Pandangan Islam Terutama Di Hari Jumat

Sedekah yakni membuatkan dengan orang lain dengan tulus tanpa paksaan, tanpa dibatasi jumlah atau usang waktu pemberian. Sedekah yakni membuatkan tanpa ada penentuan apa yang harus dibagi atau diberikan. Manfaat sedekah dalam Islam tidak hanya sekedar membuatkan pada sesama, alasannya yakni sedekah telah meliputi bermacam amal baik seseorang. Sedekah masakan merupakan salah satu jenis sedekah non bahan yang sanggup dipakai untuk membuatkan dengan orang lain. Banyak sekali manfaat yang sanggup didapatkan dengan berinfak makanan. Allah SWT memperlihatkan tanggapan yang sangat berlimpah pada orang yang melakukannya. Berikut ini yakni beberapa manfaat dan keutamaan berinfak makanan, yaitu:

1. Dilapangkan pintu rezeki

Manfaat sedekah masakan selanjutnya yakni memberi keberkahan pada rezeki orang yang memberi. Bagi orang yang diberikan makanan, pastinya akan sangat bermanfaat dan sanggup meringankan beban mereka. Sebuah hadist dijelaskan, “Harta tidak akan berkurang dengan bersedekah. Pada seorang hamba yang pemaaf, Allah SWT niscaya akan menambahkan kewibawaannya.”(HR. Muslim)

2. Mempererat tali silaturahmi

Memberikan masakan pada orang kekurangan sanggup membangun tali silaturahmi. Contohnya saja apabila Anda melaksanakan sedekah masakan pada anak yatim piatu di suatu pondok atau panti asuhan. Dengan bertemu, menjalin keakraban dan membuatkan dengan mereka, secara tidak eksklusif Anda telah mendapat manfaat bersosialisasi dengan orang lain, dengan meningkatkan jalinan silaturahmi dan ukhuwah.

3. Melipat gandakan pahala

Seperti manfaat zakat, orang yang suka memperlihatkan sedekah termasuk sedekah makanan, akan diberikan pahala yang berlipat-lipat. Hal ini juga telah dijelaskan pada Al Baqarah: 261 disebutkan,”Bahwa  diumpamakan orang yang menyedekahkan harta mereka di jalan Allah SWT, itu menyerupai tumbuh satu biji akan tumbuh 7 tangkai, dan setiap tangkainya akan tumbuh 100 biji.”

4. Memberikan ketenangan hati

Manfaat sedekah masakan tidak hanya mendapatkan pahala yang berlipat, dikala seseorang memperlihatkan sedekah masakan niscaya akan timbul rasa bahagia dan gembira pada diri sendiri alasannya yakni sanggup membuatkan dengan orang lain. Begitu pula dengan orang yang diberi makanan, niscaya akan sangat bahagia hati menerimanya. Dengan sedekah sanggup memperlihatkan dampak menyerupai manfaat berpikiran positif yaitu memperoleh ketenangan hati.

5. Dihapuskan dosa-dosa

Seperti yang telah dijelaskan pada hadits HR Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda bahwa, “Sedekah sanggup menghapuskan dosa, sebagaimana air sanggup memadamkan kobaran api.” Yang artinya dengan memperlihatkan sedekah masakan kepada orang yang membutuhkan, pahala yang didapatkan sanggup menutupi dosa yang telah diperbuat. Namun, tentunya disertai dengan penyesalan dan tobat pada perbuatan dosa tersebut.

6. Amalan yang tak akan putus

Sedekah dalam bentuk apa saja termasuk makanan, merupakan salah satu dari tiga amalan jariyah. Amalan jariyah yakni amal yang tidak akan terputus dari seseorang, bahkan hingga orang tersebut meninggal dunia.

7. Dibukakan pintu khusus ke surga

Sedekah merupakan amalan yang sangat terpuji, yang menciptakan pintu nirwana untuk orang yang suka berinfak pun istimewa. Sebuah hadits HR Bukhari menyebutkan, “Bahwa pintu salat yakni pintu untuk orang yang rajin mendirikan salat, begitu pula orang yang gemar melaksanakan sedekah akan masuk dari pintu sedekah.”

Begitu banyak manfaat sedekah masakan yang sanggup didapatkan, begitu juga dengan berinfak dalam bentuk lainnya sanggup mendapatkan manfaat taat kepada Allah SWT. Selain mendapatkan berkah hidup di dunia, juga sanggup mendapatkan berkah akhirat. Demikian ulasan mengenai manfaat dan keutamaan sedekah masakan untuk kehidupan, dalam pandangan Islam. Semoga bermanfaat.